27 May 2007

Refreshing...Harus Itu!

Hari Minggu pagi, Mama, Kakak dan Adik mengantar Ayah ikut Fun Bike di PT Shimano Batam. Sampai di halaman perusahaan yang cukup luas, orang-orang lengkap dengan sepeda dan kostum mereka, sudah mulai bersiap mengikuti acara rutin yang diselenggarakan tempat kerja Ayah tersebut. Sekitar pukul 8, setelah sebelumnya dilakukan warming up apa adanya oleh seorang instruktur-instrukturan, rombongan peserta fun bike meninggalkan halaman perusahaan dan mulai berputar-putar di kompleks kawasan industri seluas 330 hektar tersebut. Kurang lebih satu jam menunggu, para biker tiba. Usai istirahat menikmati snack dan minuman yang disediakan panitia, acara "puncak" di mulai yakni pembagian door prize diselingi hiburan yang menampilkan penyanyi-penyanyi dangdut dadakan yang tak lain adalah para karyawan dan staf. Dan seperti biasa, ayah tetap didaulat jadi MC ngaco yang sering membuat orang-orang tertawa terbahak-bahak.
Sebenarnya tak ada yang luar biasa dari acara tersebut, selain grand prize berupa sebuah sepeda mini dan dua mountain bike cukup keren meski harganya tak terlalu mahal. Cuma yang kemudian menjadi luar biasa, adalah karena di perusahaan ini cukup rutin diadakan acara-acara serupa untuk sekedar membuat para karyawannya merasa lebih fresh jika nanti kembali bekerja. (Kapan ya tempat kerja Mama nggak cuma setahun sekali mengadakan acara family gathering kayak gitu..? Hmm..mimpi kali ye?) Entah itu berupa fun bike, mancing bersama, family gathering, outbond dan sebagainya.
Padahal tak harus berbudget besar karena biasanya perusahaan hanya cukup menyediakan snack dan minuman, doorprize yang nggak harus mahal-mahal dan tentu saja panggung hiburan kecil untuk memberi kesempatan karyawan yang memiliki bakat menyanyi, tampil unjuk gigi.
Dan ternyata acara yang sekilas terlihat sepele tersebut, justru berhasil menjadi "vitamin" bagi para mereka yang bekerja di perusahaan dengan speed dan pressure besar agar tetap selalu bersemangat.
Nyatanya, ayah dan kawan-kawannya yang rata-rata sudah memiliki dua anak, terlihat sangat happy dan terus bergoyang mengikuti alunan musik dangdut. Tak peduli panas dan disaksian para istri dan anak, mereka berjoget dengan gaya masing-masing dan sudah pasti nggak karu-karuan. Lebih gayeng lagi karena para penyanyi di atas panggung juga suka-suka hati mengganti lirik lagu sesuai dengan selera mereka masing-masing.
Lailailailailailai...panggil aku si jablai...adik nggak pernah pulang...abang tetap dibelai...Lailailailailailai panggil aku si jablai, adik jarang pulang...abang belai sendiri.
(*)

No comments: