30 May 2007

Adik Mulai Lancar Berjalan


Sejak satu bulan ini, rumah semakin terlihat sibuk saja. Pasalnya Adik Shaki mulai senang berjalan-jalan dari satu ruang ke ruang lain. Kayak tuyul....ithak ithik, kata Ayah. Kadang-kadang kami semua dibuat panik mencari-cari dia. Tau-tau, adik kami temukan ada di kamar Kakak lagi bongkar-bongkar lemari. Kapan lagi, dia tiba-tiba menghilang dan tau-tau sudah ada di dalam lemari pakaian. Meski kadang membuat kami jantungan, tapi tetap saja semua yang dia lakukan selalu terlihat lucu.
Tak cuma senang muter-muter di dalam rumah, adik juga paling senang diajak jalan-jalan keluar. Malah setelah jalan di sekitar kompleks, dia selalu nangis tiap diajak masuk rumah. Tapi dua hari yang lalu, adik sempat rewel terus. Padahal badannya tidak panas dan tidak mencret. Baru setelah dibawa ke nenek ompong, tukang urut langganan, adik tidak rewel lagi. Kata si nenek, adik kecapekan. Biasa katanya, kalau anak lagi belajar jalan, biasanya selalu begitu. Nyatanya setelah dipijat, adik tidak rewel lagi.
Sebenarnya dalam kacamata medis, pijat pada bayi juga baik dilakukan. Tak hanya di Indonesia, bahkan di Eropa dan Amerika, pijat bayi dilakukan tak sekedar untuk rileksasi saja. Tetapi ada manfaat lain seperti anak jadi doyan makan, gampang buang air dan nyenyak tidur, karena peredaran darah di beberapa otot di buat lancar dengan metode pijat tersebut. Tapi tentu saja harus dilakukan oleh orang-orang terlatih dan berpengalaman atau dengan panduan tertentu jika ingin melakukan sendiri. Salah-salah justru membuat bengkak atau tambah sakit gara-gara salah urut.(*)

No comments: