03 June 2007

Aerobic Semakin Merakyat (katanya!)


Libur kemarin Mama nggak bisa santai seperti biasa karena harus jadi juri lomba senam aerobic di Star Trade Centre (STC). Pagi jam delapan harus siap-siap berangkat karena letak STC dari Taman Mediterania lumayan jauh. Ayah nggak bisa mengantar karena lagi offroad bareng teman-teman kantornya. Malah pagi-pagi sudah berangkat duluan sebelum adik dan kakak sempat bangun. Daripada nanti Mama bengong, akhirnya Mama ajak Kakak sekalian jalan-jalan ke STC.
Sekitar pukul sembilan sudah sampai di mall yang terletak persis di persimpangan Sei Harapan arah Sekupang. Rupanya sudah mulai banyak peserta yang datang dan rata-rata terlihat percaya diri dengan kostum berwarna-warni. Dari cerita bu Yanti, salah satu tim juri juga yang punya sanggar senam di beberapa lokasi di Batam, sejak beberapa tahun belakangan ini kostum memang dimasukkan dalam point penilaian selain point-point seperti power, teknik, smile dan keserasian.
"Kalau dulu pakaian aerobic identik dengan pakaian senam yang ketat dan agak terbuka dengan warna cenderung gelap, sekarang kostum aerobic sudah bervariasi. Termasuk dalam hal model dan warna, makanya ibu-ibu yang memakai jilbab juga sudah banyak yang mau ikut kompetisi seperti ini karena kostum yang dipakai lebih fleksibel,''kata bu Yanti yang masih terlihat cantik dan bugar meski sudah mulai berumur.
Tak hanya kostum, jenis-jenis aerobic juga ternyata cukup banyak dan bervariatif lho. Ada fun aerobic, bic dance, bic dut, BL aerobic dan sebagainya.(Asli...yang ini Mama baru tahu!) Ternyata tak cuma sebatas aerobic low impact biasa! Ini karena peminat aerobic semakin banyak dan tidak cuma dari kalangan the have saja seperti zaman dulu. Malah hampir di semua perumahan, warganya mengadakan senam ini secara rutin di lapangan-lapangan dan mengundang seorang instruktur senam profesional untuk mengajari mereka. Semua boleh ikut dan cukup bayar iuran yang cukup murah dengan kostum yang nggak harus terbuka seperti di sanggar-sanggar senam. Yang penting mau gerak dan punya keinginan kuat untuk berolahraga. Wah...lama-lama aerobic bisa saingan tuh dengan sepak bola sebagai olahraga rakyat!(*)

No comments: